Pemanfaatan Internet Sebagai Alternatif Sumber Belajar
Interconnection network atau internet adalah
sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet
berasal dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara".
Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di
seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology
jaringan yang berbeda. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan,
digunakan standar protokol internet yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan
bahwa semua hubungan bekerja dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk
mentransmisikan paket data dari satu komputer ke komputer lainya.
Penggunaan teknologi komputer dalam bidang
pendidikan bukanlah suatu yang baru. Informasi yang deras masuk di Indonesia
telah membawa teknologi baru yang dapat mengubah sistem pendidikan Indonesia
dari cara lama menjadi lebih modern. Teknologi-teknologi tersebut dapat
memudahkan lagi dalam pembelajaran di Indonesidapat menikmati pendidikan. Arus
Penggunaan internet untuk keperluan pendidikan yang semakin meluas terutama di
negara-negara maju, merupakan fakta yang menunjukkan bahwa dengan media ini
memang dimungkinkan diselenggarakannya proses belajar mengajar yang lebih
efektif. Hal ini terjadi 26 karena dengan sifat dan karakteristik internet yang
cukup khas, sehingga diharapkan bisa digunakan sebagai media pembelajaran
sebagaimana media lain telah dipergunakan sebelumnya seperti radio, televisi,
CD-ROM Interaktif dan lain-lain.
Penggunaan internet dalam proses pembelajaran
sebagai sumber belajar tidaklah salah. Bahkan dengan internet, guru dan siswa
menjadi sangat terbantu ketika mencari informasi yang berhubungan dengan
pembelajaran yang sedang dilakukan. Menurut Association for Educational
Communications and Technology (AECT, 1977), sumber belajar adalah segala
sesuatu atau daya yang dapat dimanfaatkan oleh guru, baik secara terpisah
maupun dalam bentuk gabungan, untuk kepentingan belajar mengajar dengan tujuan
meningkatkan efektivitas dan efisiensi tujuan pembelajaran. Dengan fasilitas
pencarian informasi di internet, guru dan siswa dengan mudahnya mendapatkan
informasi yang dibutuhkan. Hanya dengan sekali menuliskan kata kunci yang
dibutuhkan, sederet infomasi yang berhubungan dengan kata yang dituliskan akan
keluar. Dan kemudian dengan mudahnya kita tinggal memindahkan atau ‘mengcopy
paste’ informasi yang dibutuhkan. Layanan jenis informasi yang disediakan pun
cukup beragam. Dalam bentuk tulisan, gambar atau video. Semua tersedia dengan
mudahnya hanya dengan satu kali ‘klik’ maka semua akan ‘terbuka’. Disamping itu
juga, internet lebih dinamik, mengikuti perkembangan waktu. Kebanyakan
informasi dalam internet ialah informasi paling baru jika dibandingkan dengan
informasi dalam bahan bercetak.
Sejalan dengan perkembangan internet, telah
banyak aktivitas yang dilakukan denganmemanfaatkan jaringan internet, seperti
e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learningdan lainnya. Salah satu
aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah
e-Learning.E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang
pendidikan dalam bentuksekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat
sebuah transformasi proses belajarmengajar di sekolah dalam bentuk
digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
Internet bukanlah pengganti sistem
pendidikan. Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metode
konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain.
Guna mencapai tingkat pembelajaran yang efektif, maka sudah semestinya setiap
institusi pendidikan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Oleh karena
itu, sudah saatnya kita perlu memikirkan pemanfaatan teknologi informasi
internet dalam setiap pengembangan kurikulum dan bahan ajar di setiap sekolah.
Oleh : ERNINDA QURROTA
A’YUN
Komentar
Posting Komentar