Pemanfaatan Media Sosial Twitter sebagai Media Pembelajaran
PENDAHULUAN
Pada era globalisasi saat ini hampir
seluruh aspek kehidupan mengalami perubahan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi sangat berpengaruh terhadap setiap aspek kehidupan, mulai dari gaya
hidup sampai penyebaran informasi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin
mempermudah manusia untuk berinteraksi maupun berbagi informasi di dunia maya
terkadang membuat manusia lebih senang untuk berinteraksi melalui dunia maya.
Dengan
adanya inovasi-inovasi dari perkembangan teknologi untuk penyebaran ilmu
pengetahuan baru ini manusia juga harus bisa memilah-milah mana yang bermanfaat
dan juga mana yang akan merugikan bagi kita. Dengan memilah-milah inovasi
maupun informasi yang akan kita terima akan bermanfaat bagi kenutuhan kita,
tetapi apanila kita tidak bisa memilah kita bisa saja terjerumus kedalam
hal-hal yang negative.
Salah
satu inovasi penyebaran informasi yang berkembang saat ini adalah media sosial.
Media sosial merupakan sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam
teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi,
saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis
web. Dikarenakan internet selalu mengalami perkembangnan, maka berbagai macam
teknologi dan fitur yang tersedia bagi penggunapun selalu mengalami perubahan.
Hal ini menjadikan media sosial lebih hypernym dibandingkan sebuah referensi
khusus terhadap berbagai pengguna atau rancangan.
Salah
satu media sosial yang akan kita bahas adalah media sosial twitter. Media
sosial twitter adalah layanan jejaring sosial dan microblog daring yang
memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga
140 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Maksud dari microblog
daring adalah twitter juga mirip blog dimana kita bisa menulis artikel
didalamnya yang membedakan blog dan twitter terletak pada kapasitasnya.
Microblog hanya memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat
yang biasanya kurang dari 200 karakter. Dan twitter sendiri hanya bisa
menuliskan tidak lebih dari 140 karakter, berbeda dengan blog yang mampu
menampung ribuan karakter.
PEMBAHASAN
Asal mula twitter berawal dari acara
diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack
Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York mengemukakan
gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan
sebuah kelompok kecil. Nama kode proyek asli dari layanan ini adalah twttr,
gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams dikemukakan oleh Noah
Glass yang terinspirasi oleh Flicklir dan kode singkat SMS Amerika yang
jumlahnya lima digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka “10958” sebagai
kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi “40404” untuk
kemudahan penggunaan dan pengingatan. Pekerjaan proyek ini dimulai pada tanggal
21 Maret 2006 ketika Dorsey mempublikasikan pesan twitter pertamanya pada pukul
9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi “just sitting up my twttr” yang artinya “kami memilih kata twitter” dan
itu sempurna.
Twitter
pertamakali digunakan sebagai layanan internet bagi karyawan Odeo, dan versi
lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006. Pada bulan
Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya membentuk
perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semau asetnya termasuk Odeo.com dan
Twitter.com dari investor dan pemegang saham. Williams lalu memecat Noah Glass
yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian Twitter hingga tahun
2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada April 2007.
Dengan
adanya twitter pengajar akan mudah berbagi link, berkomunikasi dan mengembangkan
hubungan dengan orang lai, sehingga mengembangkan jaringan dan berbagi
informasi dengan orang lain. Beberapa contoh fungsi twitter dalam proses
pendidikan antara lain dalam sisi komunikasi pengajar dapat menggunakan Twitter
sebagai papan buletin bagi kelasnya, memberikan pebelajar, selain itu pengajar
juga dapat menjaga pebelajar untuk tetap mengikuti kelas (menggunakan hastag
pada twitter), selain itu twitter dapat menjaga keterlibatan pebelajar dalam
pembelajaran umum maupun pembelajaran tambahan secara online, contohnya pada
saat ada kelas umum atau kelas tambahan secara online dimana partisipasi
pebelajar dapat mengintimidasi. Twitter dapat memudahkan pebelajar untuk
terlibat dan mendiskusikan materi yang telah dipelajari di dalam kelas sebelumnya
secara online melalui media sosial twitter.
Twitter juga bisa dijadikan sebagai media
pembelajaran. Media pembelajaran secara umum merupakan alat bantu proses
belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang
pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar,
sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Sedangkan menurut Briggs
(1977) media pembelajrana adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi
pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya.
Ada
beberapa jenis media pembelaran, diantaranya :
ü Media visual : grafik, diagram, chart,
bagan, poster, kartun, komik
ü Media audio : radio, tape recorder,
laboraturium bahasa, dan sejenisnya
ü Projected still media : slide, over head
projector (OHP), in focus dan sejenisnya
ü Projected motion media : film, televise,
video (VCD, DVD, VTR), computer dan sejenisnya
Tujuan menggunakan media pembelajaran :
ü Mempermudah proses belajar mengajar
ü Meningkatkan efisiensi belajar mengajar
ü Menjaga relevansi dengan tujuan belajar
ü Membantu konsentasi pebelajar
Contoh penggunaan twiter sebagai media pembelajaran dalam proses
pembelajaran antara lain :
1. Twitter sebagai media untuk berdiskusi
dan saling memberi komentar dalam forum diskusi : Untuk memulai kegiatan ini,
pengajar dapat memberikan pertanyaan diskusi atau reflek pada akhir pelajaran.
Selanjutnya adalah meminta pebelajar untuk memberikan komentar menggunakan
twitter. Caranya adalah dengan mengetikkan dalam kotak update status, sepanjang
140 karakter dengan diawali hastag (#). Misalnya pebelajar menuliskan komentar
diskusi dengan format hastag #globalwarming diawali tanggapan atau komentar
pebelajar. Selanjutnya adalah membuat sebuah halaman web yang dapat menampilkan
komentar siswa menggunakan layanan Tweetwall. Layanan ini dapat menampilkan
status-status twitter yang menggunakan hastag tertentu. Dengan cara tersebut
diharapkan peserta didik akan mengalami sebuah pengalaman baru yang
menyenangkan dalam berdiskusi. Pada saat ngetweet, otak kita ditantang untuk
menemukan inti pelajaran yang panjangnya tidak lebih dari 140 karakter. Bahkan,
harus membuat sebuah kalimat baru yang melukiskan pelajaran yang didapatkan.
Meski hanya 140 karakter tapi membuat tweet bukan hal mudah. Butuh kreativitas
kita untuk membuat tweet yang memikat.
Proses membuat tweet itu sendiri merupakan upaya pebelajar untuk membuat
pemahaman akan pelajaran yang telah dipelajari. Dengan adanya penugasan ini
membuat para pebelajar untuk mengasah pemahaman pebelajar terhadap suatu pelajaran.
2. Twitter sebagai media untuk latihan
menjawab soal-soal : Pengajar juga dapat membuat pertanyaan-pertanyaan singkat
yang dapat merangsang pebelajar untuk belajar dan menggunakan media sosial
twitter ke arah yang positif. Pertanyaan yang akan diberikan semenarik mungkin
untuk membangkitkan rasa keingintahuan dan pebelajar merasa tertantang untuk
bisa menjawab soal-soal tersebut. Jika pebelajar dapat menjawab pertanyaan
dengan benar pengajar bisa memberikan pujian agar pebelajar merasa bangga dan meningkatkan
keinginannya untuk bisa menjawab semua soal-soal yang diberikan
3. Twitter sebagai media untuk memberikan
informasi materi pelajaran : Biasanya orang lebih suka untuk mengakses
informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maupun tidak melalui internet.
Pengajar bisa menyajikan materi-materi yang akan digunakan atau materi tambahan
untuk mempermudah pebelajar mencari informasi tambahan. Informasi yang
disajikan hendaknya informasi yang mutakhir dan dapat dipercaya
sumber-sumbernya.
PENUTUP
Jadi kesimpulannya twitter merupakan
layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya
untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter yang dikenal
sebagai kicauan atau tweet. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh Jack Dorsey
dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sedangkan media
pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang
dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan
atau ketrampilan pebelajar, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Twitter sebagai media pembelajaran
memiliki fungsi dari sisi komunikasi pengajar dapat menggunakan twitter sebagai
papan buletin, menjaga keterlibatan pebelajar dalam pembelajaran umum ataupun
tambahan melalui media sosial, memudahkan pebelajar untuk terlibat dan
mendiskusikan materi yang telah dipelajari di dalam kelas sebelumnya melalui
forum yang ada di dalam media sosial twitter secara online.
Oleh :
Ratna Septya Sundari
Komentar
Posting Komentar