Pemanfaatan Media Sosial Twitter sebagai Media Pembelajaran


PENDAHULUAN
          Pada era globalisasi saat ini hampir seluruh aspek kehidupan mengalami perubahan. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap setiap aspek kehidupan, mulai dari gaya hidup sampai penyebaran informasi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin mempermudah manusia untuk berinteraksi maupun berbagi informasi di dunia maya terkadang membuat manusia lebih senang untuk berinteraksi melalui dunia maya.
            Dengan adanya inovasi-inovasi dari perkembangan teknologi untuk penyebaran ilmu pengetahuan baru ini manusia juga harus bisa memilah-milah mana yang bermanfaat dan juga mana yang akan merugikan bagi kita. Dengan memilah-milah inovasi maupun informasi yang akan kita terima akan bermanfaat bagi kenutuhan kita, tetapi apanila kita tidak bisa memilah kita bisa saja terjerumus kedalam hal-hal yang negative.
            Salah satu inovasi penyebaran informasi yang berkembang saat ini adalah media sosial. Media sosial merupakan sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web. Dikarenakan internet selalu mengalami perkembangnan, maka berbagai macam teknologi dan fitur yang tersedia bagi penggunapun selalu mengalami perubahan. Hal ini menjadikan media sosial lebih hypernym dibandingkan sebuah referensi khusus terhadap berbagai pengguna atau rancangan.
            Salah satu media sosial yang akan kita bahas adalah media sosial twitter. Media sosial twitter adalah layanan jejaring sosial dan microblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Maksud dari microblog daring adalah twitter juga mirip blog dimana kita bisa menulis artikel didalamnya yang membedakan blog dan twitter terletak pada kapasitasnya. Microblog hanya memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter. Dan twitter sendiri hanya bisa menuliskan tidak lebih dari 140 karakter, berbeda dengan blog yang mampu menampung ribuan karakter.



PEMBAHASAN
            Asal mula twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di Universitas New York mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Nama kode proyek asli dari layanan ini adalah twttr, gagasan yang kemudian diungkapkan oleh Evan Williams dikemukakan oleh Noah Glass yang terinspirasi oleh Flicklir dan kode singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit. Para pengembang awalnya memutuskan angka “10958” sebagai kode singkat untuk layanan ini, namun kemudian diubah menjadi “40404” untuk kemudahan penggunaan dan pengingatan. Pekerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006 ketika Dorsey mempublikasikan pesan twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi “just sitting up my twttr”  yang artinya “kami memilih kata twitter” dan itu sempurna.
            Twitter pertamakali digunakan sebagai layanan internet bagi karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan kepada publik pada tanggal 15 Juli 2006. Pada bulan Oktober 2006, Biz Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya membentuk perusahaan baru, mengakuisisi Odeo dan semau asetnya termasuk Odeo.com dan Twitter.com dari investor dan pemegang saham. Williams lalu memecat Noah Glass yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian Twitter hingga tahun 2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada April 2007.
            Dengan adanya twitter pengajar akan mudah berbagi link, berkomunikasi dan mengembangkan hubungan dengan orang lai, sehingga mengembangkan jaringan dan berbagi informasi dengan orang lain. Beberapa contoh fungsi twitter dalam proses pendidikan antara lain dalam sisi komunikasi pengajar dapat menggunakan Twitter sebagai papan buletin bagi kelasnya, memberikan pebelajar, selain itu pengajar juga dapat menjaga pebelajar untuk tetap mengikuti kelas (menggunakan hastag pada twitter), selain itu twitter dapat menjaga keterlibatan pebelajar dalam pembelajaran umum maupun pembelajaran tambahan secara online, contohnya pada saat ada kelas umum atau kelas tambahan secara online dimana partisipasi pebelajar dapat mengintimidasi. Twitter dapat memudahkan pebelajar untuk terlibat dan mendiskusikan materi yang telah dipelajari di dalam kelas sebelumnya secara online melalui media sosial twitter.
Twitter juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran secara umum merupakan alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajrana adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya.
            Ada beberapa jenis media pembelaran, diantaranya :
ü  Media visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
ü  Media audio : radio, tape recorder, laboraturium bahasa, dan sejenisnya
ü  Projected still media : slide, over head projector (OHP), in focus dan sejenisnya
ü  Projected motion media : film, televise, video (VCD, DVD, VTR), computer dan sejenisnya
Tujuan menggunakan media pembelajaran :
ü  Mempermudah proses belajar mengajar
ü  Meningkatkan efisiensi belajar mengajar
ü  Menjaga relevansi dengan tujuan belajar
ü  Membantu konsentasi pebelajar
Contoh penggunaan twiter sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran antara lain : 
1.      Twitter sebagai media untuk berdiskusi dan saling memberi komentar dalam forum diskusi : Untuk memulai kegiatan ini, pengajar dapat memberikan pertanyaan diskusi atau reflek pada akhir pelajaran. Selanjutnya adalah meminta pebelajar untuk memberikan komentar menggunakan twitter. Caranya adalah dengan mengetikkan dalam kotak update status, sepanjang 140 karakter dengan diawali hastag (#). Misalnya pebelajar menuliskan komentar diskusi dengan format hastag #globalwarming diawali tanggapan atau komentar pebelajar. Selanjutnya adalah membuat sebuah halaman web yang dapat menampilkan komentar siswa menggunakan layanan Tweetwall. Layanan ini dapat menampilkan status-status twitter yang menggunakan hastag tertentu. Dengan cara tersebut diharapkan peserta didik akan mengalami sebuah pengalaman baru yang menyenangkan dalam berdiskusi. Pada saat ngetweet, otak kita ditantang untuk menemukan inti pelajaran yang panjangnya tidak lebih dari 140 karakter. Bahkan, harus membuat sebuah kalimat baru yang melukiskan pelajaran yang didapatkan. Meski hanya 140 karakter tapi membuat tweet bukan hal mudah. Butuh kreativitas kita untuk membuat  tweet yang memikat. Proses membuat tweet itu sendiri merupakan upaya pebelajar untuk membuat pemahaman akan pelajaran yang telah dipelajari. Dengan adanya penugasan ini membuat para pebelajar untuk mengasah pemahaman pebelajar terhadap suatu pelajaran.
2.      Twitter sebagai media untuk latihan menjawab soal-soal : Pengajar juga dapat membuat pertanyaan-pertanyaan singkat yang dapat merangsang pebelajar untuk belajar dan menggunakan media sosial twitter ke arah yang positif. Pertanyaan yang akan diberikan semenarik mungkin untuk membangkitkan rasa keingintahuan dan pebelajar merasa tertantang untuk bisa menjawab soal-soal tersebut. Jika pebelajar dapat menjawab pertanyaan dengan benar pengajar bisa memberikan pujian agar pebelajar merasa bangga dan meningkatkan keinginannya untuk bisa menjawab semua soal-soal yang diberikan
3.      Twitter sebagai media untuk memberikan informasi materi pelajaran : Biasanya orang lebih suka untuk mengakses informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan maupun tidak melalui internet. Pengajar bisa menyajikan materi-materi yang akan digunakan atau materi tambahan untuk mempermudah pebelajar mencari informasi tambahan. Informasi yang disajikan hendaknya informasi yang mutakhir dan dapat dipercaya sumber-sumbernya.  



                                                 PENUTUP
          Jadi kesimpulannya twitter merupakan layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter yang dikenal sebagai kicauan atau tweet. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh Jack Dorsey dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sedangkan media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar, sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Twitter sebagai media pembelajaran memiliki fungsi dari sisi komunikasi pengajar dapat menggunakan twitter sebagai papan buletin, menjaga keterlibatan pebelajar dalam pembelajaran umum ataupun tambahan melalui media sosial, memudahkan pebelajar untuk terlibat dan mendiskusikan materi yang telah dipelajari di dalam kelas sebelumnya melalui forum yang ada di dalam media sosial twitter secara online.

Oleh : Ratna Septya Sundari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemanfaatan E-Learning Sebagai Model Pembelajaran di Era Digital

TEMUKAN 5 KELEBIHAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN