PERAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH
Tema : Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar
Dalam era digital yang semakin berkembang pesat seperti
saat ini perpustakaan tidak dapat memungkiri bahwa informasi semakin berkembang
secara cepat dan mudah didapatkan. Untuk mengikuti perkembangan zaman yang
semakin canggih, perpustakaan digital adalah salah satu solusi yang dari
kemajuan komputer dan internet.
Perpustakaan digital adalah sebuah sistem yang memiliki
berbagai layanan dan obyek informasi yang mendukung atas obyek informasi tersebut
melalui perangkat digital (Sismanto, 2008). Perpustakaan digital juga berarti
merupakan suatu perpustakaan dimana seluruh isi koleksi dan proses pengelolaan
serta layanannya berupa kumpulan – kumpulan data dalam bentuk digital.
Menurut
Association of Research Libraries (ARL) peran perpustakaan digital adalah
sebagai berikut :
- melancarkan pengembangan yang sistematis tentang cara mengumpulkan, menyimpan, dan mengorganisasi informasi dan pengetahuan dalam format digital.
- mengembangkan pengiriman informasi yang hemat dan efisien disemua sektor.
- mendorong upaya kerjasama yang sangat mempengaruhi investasi pada sumber-sumber penelitian dan jaringan komunikasi.
- memperkuat komunikasi dan kerjasam dalam penelitian, perdagangan, pemerintah, dan lingkungan pensisikan.
- mengadakan peran kepemimpinan internasional pada generasi berikutnya dan penyebaran pengetahuan ke dalam wilayah strategis yang penting.
- memperbesar kesempatan belajat sepanjang hayat.
- melancarkan pengembangan yang sistematis tentang cara mengumpulkan, menyimpan, dan mengorganisasi infomasi dan pengetahuan dalam format digital.
Perpustakaan digital juga salah satu yang berperan
penting dalam lingkungan pendidikan sebagai pendukung dan penyedia materi
belajar. Perpustakaan digital dibutuhkan pada tahap dimana pengguna
perpustakaan yaitu (guru dan siswa) melakukan pencarian sumber belajar sebagai
modal untuk membentuk dan mencari pengetahuan baru.
Pada aktivitas belajar saat ini para siswa lebih tertarik
dngan sistem belajar yang menggunakan teknologi sehingga dengan adanya
perpustakaan belajar sebagai sumber materi akan mengundang minat belajar para
siswa. Selain itu perpustakaan digital juga menjadi solusi untuk mencapai
proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.
Dalam proses belajar mengajar perpustakaan digital
menyediakan materi – materi belajar seperti dokumen tekstual, video, audio,
maupun gambar. Sedangkan dalam proses pengetahuan siswa dapat memposting
artikel maupun jurnal yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Siswa juga dapat
menjadi siswa yang mandiri tidak bergantung pada guru untuk mendapatkan suatu
materi belajar yang dibutuhkan.
Dengan adanya perpustakaan digital ini pula siswa
mendapatkan materi yang pasti dari sumber yang terpercaya dan bukanlah
informasi yang beredar luas di internet tanpa kebenaran yang pasti. Sehingga jika
siswa mendapatkan materi belajar dari perpustakaan digital, siswa dapat
menjamin kebenarannya.
Pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru ( teacher
centered) tetapi sudah bergeser ke student centered, active learning dan
pembelajaran berbasis aneka sumber. Dengan demikian konstruktivisme dalam
pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran yang aktif, interaktif,
kreatif, inovatif, dan menyenangkan dapat terlaksana dengan baik sehingga siswa
tidak lagi belajar dengan tuntutan subject matter oriented tapi mereka akan
mengkontruksi apa yang dipelajarinya dalam proses pembelajarannya dan dapat
menerapkan dalam kehidupannya.
By : Lituhayu Pinasthika Labda Pratita
Komentar
Posting Komentar