Sosial Media Sebagai Balok Virtual Sumber Pengetahuan
Sosial
Media Sebagai Balok Virtual Sumber Pengetahuan
Oleh
: Wahyudin
Apa itu sosial media ? Benda
hidup atau benda mati ? Benda mati yang terlihat hidupkah ? Mayoritas masyarakat
pasti mengetahui apa itu sosial media. Bukan hanya sekedar mengetahui, bahkan sebagian
dari mereka telah menggunakan sosial media. Sosial media sudah menjadi bagian
yang harus ada di dalam kehidupan manusia. Jadi, apa itu sosial media ?
Sosial media merupakan sebuah
media yang memfasilitasi manusia dalam melakukan interaksi tanpa adanya batasan
ruang dan waktu. Line, Instagram, Facebook merupakan contoh dari sekian banyak
sosial media yang ada di kehidupan manusia. Salah satu tujuan dalam menggunakan
sosial media adalah mengajak siapa yang tertarik untuk memberikan informasi
dalam waktu yang cepat dan tidak terbatas sehingga pengguna lain dapat
berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka.
Sosial media tidak hanya
digunakan untuk menjadi hiburan saja. Sosial media menjadi bagian kecil dari
internet yang dapat digunakan penggunanya dalam memperoleh berbagai informasi,
termasuk informasi yang berisi ilmu pengetahuan. Ilmu tersebut tidak bersumber
pada satu jenis sosial media. Bagaikan sebuah balok, sosial media memiliki 6 persegi
yang mana dari keenam persegi itulah ilmu pengetahuan dapat diperoleh oleh
penggunanya.
Persegi Pertama
Persegi pertama datangnya
ilmu pengetahuan pada sosial media yaitu proyek kolaborasi. Contoh sosial media
yang masuk dalam proyek kolaborasi adalah Wikipedia yang mengizinkan penggunanya
untuk mengubah, menambah, ataupun me-remove
konten-konten yang ada di website tersebut.
Sosial media ini dapat digunakan pengguna untuk memperoleh suatu informasi
berupa ilmu pengetahuan. Contohnya dalam mencari informasi tentang belajar,
Wikipedia memberikan pengetahuan tentang informasi belajar dari segi
pengertian, tahapan dalam belajar, dsb.
Persegi Kedua
Persegi kedua yang menjadi
asal datangnya sebuah informasi pengetahuan dari sosial media yaitu blog dan
microblog atau dalam balok disebut sisi atas. Sama seperti sisi sebelumnya,
sisi ini banyak digunakan pengguna untuk memperoleh informasi tentang
pengetahuan. Blog diistilahkan sebagai jurnal pribadi yang dapat di akses oleh
orang lain dan dapat digunakan sebagai referensi sebuah tulisan ilmiah apabila
penulis blog tersebut merupakan seseorang yang ahli pada jenis materi yang di
tulisnya. Contohnya saja blog yang sedang Anda kunjungi saat ini yang berisi
informasi-informasi pengetahuan yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar
Persegi Ketiga
Persegi ketiga dari sosial
media yang menjadi sumber datangnya informasi-informasi, terutama informasi
yang bersifat ilmu pengetahuan. Dalam sosial media pada sisi ini dapat disebut
dengan konten masyarakat. Dalam sosial media bagian konten masyarakat ini, pengguna
dapat saling berbagi konten-konten media, seperti media berupa video yang ada
di Youtube. Banyak video-video dari Youtube yang berisi konten-konten ilmu
pengetahuan. Hal ini dapat digunakan pengguna dalam meningkatkan pengetahuan
mereka tentang suatu hal dari video-video yang ada di Youtube. Contohnya video
tentang teori belajar. Dalam video tersebut menerangkan tentang segala aspek
yang berkaitan dengan belajar. Hal ini dapat digunakan oleh pengguna Youtube
untuk referensi dalam menambah pengetahuannya.
Persegi Keempat
Sama halnya dengan persegi
lainnya, persegi keempat ini juga menjadi sumber datangnya ilmu pengetahuan
apabila digunakan dengan baik oleh penggunanya. Hal yang dimaksud yaitu situs
jejaring sosial. Jejaring sosial sudah sangat populer di kalangan masyarakat.
Banyak hal positif yang di dapat dalam jejaring sosial, misalkan jejaring sosial
berupa Facebook. Jejaring sosial ini dapat memudahkan pengguna dalam membentuk
sebuah forum diskusi untuk membahas masalah sesuatu, terutama yang berkaitan
dengan ilmu pengetahuan. Hal ini membuat jejaring sosial dapat menjadi sumber
belajar bagi pengguna untuk memperoleh pengetahuan di dalamnya melalui sebuah
diskusi tersebut.
Persegi Kelima
Virtual game world
termasuk dalam jenis sosial media yang kelima. Jenis ini merupakan dunia
virtual, dimana pengguna bisa muncul dalam bentuk avatar-avatar yang diinginkan
serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Tujuan utama
pengguna menggunakan jenis sosial media ini adalah untuk memperoleh hiburan
dengan cara bermain game bersama pengguna yang lain. Namun, tidak hanya
mendapatkan hiburan saja, dengan bermain game online pengguna dapat memperoleh
pengetahuan terhadap sesuatu. Contoh yang paling mendasar adalah pengguna dapat
belajar bahasa inggris dalam game tersebut. Dengan banyaknya pengguna yang
terdiri dari berbagai negara maka bahasa inggris menjadi bahasa komunikasi para
penggunanya. Pengguna dapat menambah kosakata dari bahasa luar dengan bermain
game.
Persegi keenam
Virtual
social world merupakan dunia virtual yang dimana penggunanya merasa hidup
di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang
lain. Namun, Virtual Social World
lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan. Meskipun jika dibandingkan mudharat-nya lebih banyak daripada
manfaatnya, jenis ini bisa dijadikan dengan sumber belajar. Manfaat dari jenis sosial
media ini sama seperti jenis-jenis sebelumnya, seperti dapat memperoleh
pengetahuan dari diskusi-diskusi yang dilakukan, interaksi dengan pengguna yang
berbeda negara sehingga belajar kebudayaan negara mereka, dan dengan
menggunakan jenis social media ini, kita dapat belajar bagaimana
pengaruh-pengaruh buruk yang telah kita terapkan di dunia virtual agar tidak
terjadi pada kehidupan nyata kita karena jenis sosial media ini seperti membuat
kehidupan baru di dunia virtual.
Keenam jenis sosial media
diatas banyak sekali manfaat yang di dapat dari sosial media apabila digunakan
dengan bijak. Bahkan beberapa jenis sosial media yang dipikirkan oleh masyarakat
umum hanya membawa mudharat saja,
tersimpan manfaat yang dapat di ambil seperti memperoleh pengetahuan dari sosial
media tersebut. Bijaklah dalam mengakses sosial media, karena sosial media
dapat menjadi sebuah balok virtual yang menghasilkan pengetahuan dari setiap
sisinya sehingga berguna bagi penggunanya.
Komentar
Posting Komentar